Selamat datang di website DINAS PERUMAHAN DAN PERMUKIMAN KOTA BALIKPAPAN

SERTIFIKAT SARPEN BATUAH SEGERA RAMPUNG

Friday - 27 Januari 2023 - Dibaca: 205 kali

Tidak berlangsung lama pasca RDP dengan DPRD Kota Balikpapan tentang Pembahasan Fasilitas Pendidikan di Perumahan Pesona Bukit Batuh Graha Indah tanggal 13 Januari 2023, Disperkim langsung mengadakan rapat bersama pihak terkait yaitu pihak developer PT. KMA dan PT. TAJ, BTN Balikpapan dan Kantor Pertanahan Kota Balikpapan tanggal 16 Januari 2023. ”Ya, kami langsung bergerak cepat untuk memfasilitasi permasalahan tersebut telah berlangsung lama sekira hampir 2 (dua) tahun lalu belum mendapatkan pemecahan sertifikat sarana pendidikan (sarpen) dari induknya, apalagi ini untuk kepentingan generasi penerus bangsa khususnya untuk pembangunan sekolah dasar, lahan seluas 1.578 meter persegi itu sudah siap diserahkan oleh pihak pengembang kepada pemerintah sejak tahun 2020, namun sertifikat induk perumahan masih dalam agunan Bank Tabungan Negara (BTN) Balikpapan, terang Arfi”.

Arfi menambahkan, sebenarnya pengembang ini sudah berproses untuk melakukan pemecahan sertifikat induknya, tapi hal itu tidak bisa ditindaklanjuti oleh Kantor Pertanahan sebelum ada sertifikat induk yang asli, untuk mendapatkan sertifikat induk itu, pihaknya akan bersurat kepada BTN Cabang Balikpapan sebagai bentuk permohonan untuk meminjam sertifikat induk tersebut, yang tentunya dimulai dari permohonan pengembang kepada Disperkim yang telah diajukan tanggal 18 januari 2023.

“Kemarin (26/01) kami sudah berikan surat tersebut kepada BTN Cabang Balikpapan sebagai bentuk permohonan untuk meminjam sertifikat induk itu. BTN Cabang Balikpapan mengestimasi prosesnya satu bulan karena harus melakukan coverage agunan kredit, kemudian berkoordinasi dengan BTN Pusat. Sertifikat induk asli yang akan dipinjam tersebut akan diberikan langsung dari BTN Balikpapan kepada Kantor Pertanahan dihadapan notaris, hasilnya Kantor Pertanahan akan memberikan kembali sertifikat induk asli yang baru pasca penguranagan/pemecahan sertifikat sarana pendidikan kepada BTN Balikpapan, jadi dengan rampungan sertifikat sarpen ini, insya Allah pembangunan sarpen SDN tersebut dapat dianggarkan pada TA 2024” pungkas mantan Plt. Kabag Pembangunan ini.